GOOGLE SEARCH

Saturday 4 February 2017

Biografi Habib Umar bin Hafidz




Sosok habib Umar bin Hafidz menjadi sangat terkenal di abad ini karena beliau merupakan sosok yang sangat mumpuni dalam hal ilmu-ilmu keislaman. Beliau merupakan ulama al-Amilin yang kapasitas keilmuannya sudah tidak diragukan lagi di muka bumi ini. Lalu siapakah beliau itu sebenarnya? Nah, berikut ini nasab mulia beliau:

Habib Umar memiliki ayah bernama Muhammad bin Salim b Hafidz bin Abdullaah bin Abu bakar bin Idrus bin Husain bin Syaikh Abu Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman As-Saqqaf bin Muhammad Mauladawilah bin Ali bin Alwi bin Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Sahib Mirbat bin Ali Khali' Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-Uraidhi bin Sayyid Ja'far Ash-Shadiq radhiyallaahu 'anhu bin Sayyid Muhammad Al-Baqir Radhiyallaahu 'Anhu bin Sayyid Ali Zainal Abidin Radhiyallaahu 'Anhu bin Sayyidina Husain Radhiyallaahu Anhu bin Sayyidina Ali bin Abi Thalib, suami dari Sayyidatina Fatimah Az-Zahra binti Rasulillah Muhammad Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam. 

Habib Umar lahir pada hari Senin, bertepatan dengan tanggal 27 Mei 1963 Masehi atau 4 Muharram 1388 Hijriyah. Saat ini beliau tinggal di Tarim, Yaman, sebuah negeri yang dikenal sebagai kotanya para waliyullah yang mulia. Beliau saat ini aktif sebagai pengasuh majelis Darul Musthafa dan juga menjadi pengawas bagi perkembangan beberapa sekolah lain yang telah dibangun di bawah manajemennya. 

Dari nasab ini sudah dapat dipastikan bahwa beliau memiliki jalur nasab yang teramat mulia, karena nasab beliau bersumber kepada seorang yang teramat mulia di muka bumi ini, yaitu Sayyidina Rasulillah Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam. Kemuliaan nasab beliau tersebut tidak semata-mata hanya sekedar berhenti kepada nasab tersebut, akan tetapi juga terhunjam dengan sangat kuat ke dalam diri beliau, sehingga beliau menjadi sosok yang amat alim, shalih, dan menjadi pembesar para ulama di zaman ini. 

Sosok Habib Umar bin Hafidz sudah tidak diragukan lagi kapasitas keilmuannya. Seluruh dunia telah memuji dan mengakuinya. Beliau telah mengepakkan sayap kebesarannya dengan berkiprah tidak hanya di tempat kalahirannya saja, di Yaman, akan tetapi di seluruh dunia. Sebagai contoh beliau termasuk ulama yang menandatangani dua dokumen internasional yang sangat berpengaruh, yaitu risalah Amman dan A Common word, yang masing-masing terjadi pada tahun 2005 dan 2007. Di Indonesia sendiri, beliau juga memilik pengaruh yang sangat besar. Hal ini disebabkan karena banyak sekali murid-murid beliau yang berasal dari Indonesia, sebagai contoh Almarhum Habib Mundzir bin Fuad al-Musawa yang merupakan pengasuh Majelis Rasulullah, sebuah majelis ilmu, dzikir dan shalawat yang memilik jamaah aktif sekitar puluhan bahkan ratusan ribu di seluruh indonesia.Selain itu, habib Umar bin Hafidz juga merupakan salah dari lima puluh urutan teratas dari The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims yang diterbitkan oleh Center for Muslim-Christian Understanding Georgetown Unibversity pimpinan John Wsposito, seorang sarjana studi islam ternama. 



Sejak kecil, sosok Habib Umar telah sangat akrab dengan majelis ilmu, karena memang beliau dibesarkan di oleh keluarga yang sangat cinta akan ilmu pengetahuan agama. Keluarga beliau adalah keluarga yang teguh memegang i'tiqad Ahlus Sunnah Wal Jamaah dengan menggunakan madzhab syafi'i sebagai madzhab dalam fiqih, dan menjadikan thariqah bani Alawi (Alawiyah) sebagai jalan tasawufnya.

Habib Umar bin Hafidz sedari kecil dididik oleh ayahnya, Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz, seorang ulama besar di masanya, dan seorang mufti kota tarim. Sosok ayah habib Umar ini merupakan sosok pejuang yang pemberani, yang pada saat Yaman dikuasai oleh Uni Soviet yang berpaham komunis dan anti agama, sosok habib Muhammad ini seringkali menjadi batu sandungan bagi mereka. Wal hasil pada suatu jumat, ketika tengah menghadiri shalat jumat, habib Muhammad bin Salim ini diculik oleh segerombolan orang komunis, yang kemudian setelah itu tidak pernah lagi terdengar kabar tentang keberadaan dan nasib beliau. Umar kecil yang melihat ayahnya diculik, pulang dari masjid dengan membawa rida' milik ayahnya. Sejak saat itulah habib Umar menjadi seorang yang yatim. 

Habib Umar bersama Ulama besar dunia

Walaupun beliau merupakan seorang yatim, akan tetapi tidak menjadi beban yang mengendurkan langkah perjuangan beliau untuk menuntut ilmu pengetahuan dan menyebarkan ajaran islam ke seluruh penjuru dunia ini. Terbukti, sejak belia, beliau sudah hafal al-Quran, dan teks matan kitab-kitab dalam berbagai disiplin ilmu agama lainnya, seperti ilmu fiqh, hadist dan lain sebagainya. 

Dari sekian banyak guru habib Umar, yang dapat disebutkan di sini yaitu antara lain:
1. Ayah beliau sendiri, yaitu Sayyidinial Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz.
2. Al-Alim Al-Allamah Al-Habib Muhammad bin Alwi bin Syihabuddiin.
3. Al-Alim Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Syaikh Alaydrus
4. Munshibul Habib Ahmad bin Ali bin Syaikh Abu Bakar.
5. Al-Alim Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Hasan Bilfaqih.
6. Al-Alim Al-Allamah Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz (Kakak kandung sekaligus guru bagi habib Umar)
7. Al-Alim Al-Allamah Asy-Syaikh Taufiq Aman.
8. Al-Alim Al-Allamah Al-Habib Umar bin Alwi Al-Kaaf

Sosok Habib Umar muda yang sangat cerdas ini tentu saja membuat keluarga khawatir dengan keselamatan beliau. karenanya beliau kemudian dikirim ke Yaman Utara, tepatnya disebuah kota bernama Baidha'. Beliau sampai di kota tersebut pada bulan saffar tahun 1402 Hijriyah, atau bertepatan dengan bulan September tahun 1981 Masehi. 

Di tempat barunya itu, Habib Umar kemudian berguru kepada Al-Alim Al-Allamah Al-Habib Muhammad bin Abdullah al-Haddar, hingga beliau di kemudian hari juga diangkat sebagai menantunya. Selain itu beliau juga sempat belajar kepada Al-Alim Al-Allamah Al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith, seorang ulama besar yang sangat berpengaruh yang saat ini tinggal di kota madinatul Munawwarah (Kota nabi Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkBIEw6Tuel7GOdbfT_qg8uOXrbMdMhRQkVzJfcTYQ3QKJxc51aCDTVJLFbnT13newyDCyTgtABsxZVaMxGmv0mL3ZTTqMzcHyT51DelVnVdpQeELUi2qJxTnzWvC7Rnre19HJMO3oeRcy/s1600/al-buti-habib-umar-al-jumua-and-bn-bayyah.jpg
Habib Umar bersama almarhum  Syaikh Buthi dan para ulama dunia lainnya
Habib Umar dikenal sebagai sosok yang sangat haus akan ilmu pengetahuan, sehingga beliau dikenal sebagai orang yang jarang sekali tidur. Beliau gigih terus menerus menggali ilmu dan menapak jejak para ulama terdahulu dari kalangan salfunash shalihin yang keilmuan dan derajatnya di sisi Allah tidak terbantahkan dan tidak diragukan lagi. Dan akhirnya, perjuangan habib umar itupun tidak sia-sia. ketika telah dewasa beliau menjadi sosok yang amat alim dan berpengaruh di seluruh pelosok dunia ini. 

Habib Umar hadir dengan membawa kemuliaan islam dan telah sukses menggembleng generasi muslim yang berkualitas. Ceramahnya sangat menggetarkan, sehingga membangunkan hati yang tengah tertidur lelap karena terbuai dengan duniawi. Beliau dikenal sebagai ahli hadist yang membuat ulama besar lainnya takjub. Beliau banyak hafal hadist beserta matan dan sanadnya. Selain itu beliau juga dikenal sebagai sosok yang ahli dalam ilmu tafsir al-Quranul Karim. Waktu bagi beliau adalah sangat berharga, sehingga beliau tidak menyisakan waktunya untuk terbuai dalam kemewahan dan hiruk-pikuk duniawi yang tidak berarti. 

Ada cerita menarik tentang beliau. Suatu ketika, ada seseorang yang bertamu kepada beliau dan bersikeras untuk duduk bersama beliau hingga tengah malam. Lalu habib Umar pun meminta izin kepada tamunya untuk menunaikan shalat malam, dan tamu tersebut pun memberikan waktu kepada beliau untuk melakukan shalat malam dan berjanji akan menunggu beliau hingga selesai shalat. Namun ternyata, beeliau shalat malam hingga menjelang subuh. Ketika sang tamu tadi bertanya, Wahai Habibana, mengapa anda meninggalkan saya hingga menjelang subuh ?" Beliau pun menjawab, "Maafkanlah saya, aku bertamu kepada Yang Maha Tunggal dan jika aku telah bertamu kepada Yang Maha Tunggal (Allah)  aku merasakan kelezatan dan aku lupa pada semuanya, selain Allah. 

Demikianlah, cerita di atas menunjukkan bahwa beliau selain seorang yang amat alim dalam bidang ilmu agama, juga seorang abid atau ahli ibadah yang telah mencapai maqam tinggi sehingga merasakan kelezatannya dalam menunaikan ibadah kepada Allah ta'ala. 

Selain itu, Habib Umar juga dikenal sebagai ulama yang produktif dalam menulis kitab. Tidak kurang dari 15 kitab telah beliau tulis, diantaranya:

1. Dhiyaullami' Bi Dzikri Maulidin Nabi Asy-Syarif, sebuah kitab tentang syaria puji-pujian untuk Rasulullah, dan merupakan salah satu kitab paling monumental dan dikenal masyarakat dunia, termasuk masyarakat muslim di Indonesia dan telah di baca dalam berbagai majelis. 
2. Muhtarul Ahadis
3. Durul Asas
4. Is'af Ath-Thalibi
5. Taujihatuth Thullab
6. Syarah Mandzumah
7. Ad-Dzakirah Al-Musyarrafah
8. Dan lain sebagainya masih banyak lagi.

Demikianlah sekelumit tentang biografi Al-Alim Al-Allamah Al-Habib Umar bin Hafidz yang patut menjadi teladan buat kita bersama. Dan marilah kita senantiasa mendoakan beliau, semoga beliau senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan dalam setiap urusan dakwah beliau. Semoga beliau juga senantiasa dalam rahmat dan perlindungan Allah, dan senantiasa dapat menggembleng generasi islami yang mumpuni, berkualitas lahir batin. Dan semoga kita mendapatkan barakah dari setitik keagungan pribadi dan ketinggian derajat beliau. aamiin amiin aamiin Yaa Allah Yaa Rabbal 'Aalamiin. 
profil ulama besar abad ini yaitu Al Habib Umar bin Hafidz bin Syech Abu Bakar bin Salim. beliau habib Umar bin hafidz adalah ulama yang berakidahkan Ahlussunnah wal jamaah. beliau dilahirkan di tarim, hadraumut, yaman pada 4 muharram 1383 atau bertepatan dengan 27 mei 1963. beliau lahir dalam lingkunagn yang dipenuhi denganilmu, ayahnya adalah seorang dai yang selalu menegakkan dan menyebarkan agama islam, begitu pula dengan kakek beliau yang dikenal alim dan soleh, tempat tinggalnya pun di tarim, hadraumut yang dikenal dengan sebutan kota seribu wali karena banyaknya ulama besar yang lahir dan tingga di tarim. sehingga semuanya benar benar menunjang dan mengkondisikan Habib Umar bin hafidz dalam mencapai tingkat keilmuan dan derajat yang tinggi. Nasab dan Silsilah Keturunan Habib Umar bin Hafidz Nasab dan silsilah keturunan beliau bersambung langsung kepada Rasulullah SAW, beliau adalah al-Habib ‘Umar putera dari Muhammad putera dari Salim putera dari Hafiz putera dari Abd-Allah putera dari Abi Bakr putera dari‘Aidarous putera dari al-Hussain putera dari al-Shaikh Abi Bakr putera dari Salim putera dari ‘Abd-Allah putera dari ‘Abd-al-Rahman putera dari ‘Abd-Allah putera dari al-Shaikh ‘Abd-al-Rahman al-Saqqaf putera dari Muhammad Maula al-Daweela putera dari ‘Ali putera dari ‘Alawi putera dari al-Faqih al-Muqaddam Muhammad putera dari ‘Ali putera dari Muhammad Sahib al-Mirbat putera dari ‘Ali Khali‘ Qasam putera dari ‘Alawi putera dari Muhammad putera dari ‘Alawi putera dari ‘Ubaidallah putera dari al-Imam al-Muhajir to Allah Ahmad putera dari ‘Isa putera dari Muhammad putera dari ‘Ali al-‘Uraidi putera dari Ja’far al-Sadiq putera dari Muhammad al-Baqir putera dari ‘Ali Zain al-‘Abidin putera dari Hussain sang cucu laki-laki, putera dari pasangan ‘Ali putera dari Abu Talib dan Fatimah al-Zahra puteri dari Rasul Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Habib Umar bin Hafidz Untuk kumpulan foto lengkap beliau, simak artikel kami Foto Habib Umar bin Hafidz beliau adalah pendiri dan pengasuh pondok pesantren Darul Mustafa dan berbagai sekolah pendidikan agama lainnya dibawah managemannya. dibawah asuhannya, ponpes darulmustafa menjadi salah satu tujuan berbagai umat islam dalam menuntut ilmu agama, murid muridnya berasal dari berbagai negara mulai dari asia, afrika hingga eropa termasuk indonesia. banyak sekali pelajar asal indonesia yang menuntut ilmu di darul mustafa dan sukses menjadi ulama besar dibawah bimbingan Habib Umar bin hafidz. tiap tahunnya ratusan santri berangkat ke yaman untuk belajar di darul mustafa dan sekembalinya dari sana mereka berdakwah dan membuat majelis di indonesia. beberapa contoh murid muridnya yang sukses berdakwah dan berasal dari indonesia adalah Habib Mundzir Al Musawwa yang merupakan pendiri majelis terbesar di indonesia dan diberi nama Majelis Rasulullah, lalu ada Habib Jindan bin novel bin jindan (jakarta), habib jamal baagil (malang), habib sholeh aljufri (solo) dan masih banyak lagi. baca juga : doa penutup majelis ya robbna tarofna Bahkan di Indonesia al-Habib Umar sudah beberapa kali membuat kerjasama dengan pihak bahkan pemerintah Indonesia, dalam hal ini Ditjen Kelembagaan Keagamaan Kementerian Agama Indonesia meminta pembuatan kerjasama dengan al-Habib Umar dan Dar-al Musthafa untuk pengiriman Sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya para kiai pimpinan pondok pesantren untuk mengikuti program pesantren kilat selama tiga bulan di bawah bimbingan langsung al-Habib Umar. Habib Umar sendiri dikenal sebagai pendakwah ulung yang aktif dan senantiasa menghabiskan seluruh hidupnya untuk berdakwah di jalan ALLAH SWT. Dia masih memegang peran aktif dalam dakwah agama Islam, sedemikian aktifnya sehingga dia meluangkan hampir sepanjang tahunnya mengunjungi berbagai negara di seluruh dunia demi melakukan kegiatan-kegiatan mulianya itu. indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang hampir setiap tahun selalu dikunjungi oleh Habib Umar bin hafidz. selama di indonesia beliau menghadiri berbagai acara majelis dan tabligh akbar diberbagai tempat seperti tabligh akbar di monas yang dihadiri pula oleh presiden SBY dan jajaran menteri menterinya pada waktu itu, Habib umar bin hafidz juga rutin mendatangi berbagai pondok pesantren sebagai pembicara dan tamu utamanya diantaranya di ponpes sidogiri, ponpes liboryo dan berbagai ponpes NU lainnya. kampus kampus pun tak luput dari dakwahnya, habib umar pernah datang di institut teknologi 10 november (ITS), universitas paramadina dan beberapa kampus lainnya untuk menyampaikan tausiyahnya. begitulah bagaimana gigihnya beliau dalam menyampaikan risalah islam. Habib Umar bin Hafidz Habib Umar bin Hafidz bersama para ulama Tarim Tanda tanda kebesarannya sudah ada sejak beliau masih kecil, beliau telah mampu menghafal Al-Qur'an pada usia yang sangat muda dan juga menghafal berbagai teks inti dalam fikih, hadits, Bahasa Arab dan berbagai ilmu-ilmu keagamaan lainnya. beliau memiliki banyak sekali guru dan salah satu guru pertamanya adalah ayahnya sendiri yang juga seorang soleh lagi alim. Namun secara tragis, ketika al-Habib ‘Umar yang pada waktu itu masih kecil sedang menemani ayahnya untuk sholat Jum‘ah, ayahnya diculik oleh golongan komunis dan sang ‘Umar kecil sendirian pulang ke rumahnya dengan masih membawa syal milik ayahnya, dan sejak saat itu ayahnya tidak pernah terlihat lagi. Ini menyebabkan ‘Umar muda menganggap bahwa tanggung-jawab untuk meneruskan pekerjaan yang dilakukan ayahnya dalam bidang Da‘wah sama seperti seakan-akan syal sang ayah menjadi bendera yang diberikan padanya di masa kecil sebelum ia mati syahid. cita cita dan tekat dalam dakwah pun ia pegang erat dan ia kibarkan hingga kini sehingga beliaupun dianggap sebagai salah satu ulama aswaja terbesar abad ini. Guru Guru Habib Umar bin Hafidz Dalam menempuh ilmu agama, habib umar tidak hanya mempunya satu atau dua guru saja, ia memiliki banyak guru dan menimba ilmu dari berbagai ulama di tarim, hadraumut hingga ke mekkah dan madinah. beberapa nama guru gurunya adalah Habib Muhammad bin ‘Abd-Allah al-Haddar, al-Habib Zain bin Sumait, al-Habib Ibrahim bin Aqil bin Yahya, al-Habib Muhammad al-Haddar, al-Habib Ahmed Mashur al-Haddad, al-Habib 'Attas al-Habashi serta guru besarnya al-Habib 'Abdul Qadir bin Ahmad assegaf. Kini beliau telah diakui dunia dan dianggap sebagai da'i dan ulama modern masa kini, beliau aktif di berbagai forum keagamaan tingkat internasional. Penghargaan & Kiprah Internasional Habib Umar bin Hafidz - Pada tanggal 22 Februari sampai dengan 2 Maret 2003 (26-29 Dzul Hijjah 1423 H) di Dar-al Musthafa, Tarim dia merintis upaya persatuan dalam aktifitas dakwah, dengan mengadakan multaqa ulama atau simposium yang dalam pertemuan itu dihadiri oleh berbagai ulama dari belahan dunia, dan kemudian berlanjut pada pertemuan berikutnya di berbagai penjuru dunia dalam skala lokal maupun internasional - Habib Umar termasuk sebagai salah seorang penandatangan dari dua dokumen internasional yang berpengaruh, yaitu Risalah Amman pada tahun 2005, pada urutan tandatangan nomor 549, dan A Common Word pada tahun 2007 dalam urutan tandatangan nomor 42, yang keduanya ditandatangani oleh tokoh-tokoh Muslim dunia, termasuk di antaranya beberapa pemimpin Muslim Indonesia - Di Indonesia, Habib Umar mendeklarasi berdirinya Majelis Almuwasholah Bayna Ulama Al Muslimin atau Forum Silaturrahmi Antar Ulama pada tahun 1327 H / 2007 M. - Tahun 2009, New York Times menampilkan al-Habib Umar dan Darul Musthafa dalam salah satu pemberitaannya. - Al-Habib Umar bin Hafizh termasuk salah satu dari 50 Urutan teratas dari The Muslim 500: The Wordl's 500 Most Influential Muslims, yang diterbitkan oleh Center for Muslim-Christian Understanding, Georgetown University, Amerika Serikat, yang dipimpin oleh sarjana studi Islam ternama John Esposito. Sebagai ulama yang giat dalam berdakwah, Al Habib umar juga merupakan seorang penulis yang produktif, beliau banyak menulis dan mengarang kitab kitab yang hingga kini banyak dibaca oleh seluruh umat islam di berbagai dunia. Karangan Kitab dan Karya Habib Umar bin hafidz 1. Is'af at Thalibi 2. Ridha al-Khalaq bi bayan Makarimal Akhlaq 3. Taujihat at-Thullab 4. Syarah Mandzumah Sanad al-'Ulwi 5. adz-Dzakirah al-Musyarrafah(Fiqih) 6. Dhiyaullami'bidzikri Maulid an-Nabi asy-Syafi'(Maulid Nabi Muhammad SAW) 7. Khuluquna 8. Khulasoh madad an-nabawiy(Dzikir) 9. Syarobu althohurfi dhikri siratu badril budur 10. Taujihat nabawiyah 11. Nur aliman(Aqidah) 12. Almukhtar syifa alsaqim 13. Al washatiah 14. Mamlakatul qa’ab wa al ‘adha’ 15. Muhtar Ahadits (Hadits) 16. Durul Asas (Nahu) 17. Tsaqafatul Khatib (Panduan Khutbah) Kitab Maulid adh-Dhiya' al-Lami' merupakan karya al-Habib Umar paling monumental yang berisi syair pujian terhadap Rasulullah SAW (maulid), bacaan maulid ini juga biasa dikenal dengan sebutan maulid Habib Umar dan telah dibaca banyak umat islam terasuk di indonesia. Melihat sekilas tentang kehidupan Habib Umar bin hafidz, maka akhlak dan teladan luar biasalah yang akan kita lihat. semoga beliau diberikan umur yang barokah, sehat selalu dalam berdakwah dan senantiasa diberikan limpahan rahmat oleh ALLAH SWT. amiin.

Source: http://muslimfiqih.blogspot.co.id/2016/01/profil-biografi-habib-umar-bin-hafidz.html
profil ulama besar abad ini yaitu Al Habib Umar bin Hafidz bin Syech Abu Bakar bin Salim. beliau habib Umar bin hafidz adalah ulama yang berakidahkan Ahlussunnah wal jamaah. beliau dilahirkan di tarim, hadraumut, yaman pada 4 muharram 1383 atau bertepatan dengan 27 mei 1963. beliau lahir dalam lingkunagn yang dipenuhi denganilmu, ayahnya adalah seorang dai yang selalu menegakkan dan menyebarkan agama islam, begitu pula dengan kakek beliau yang dikenal alim dan soleh, tempat tinggalnya pun di tarim, hadraumut yang dikenal dengan sebutan kota seribu wali karena banyaknya ulama besar yang lahir dan tingga di tarim. sehingga semuanya benar benar menunjang dan mengkondisikan Habib Umar bin hafidz dalam mencapai tingkat keilmuan dan derajat yang tinggi. Nasab dan Silsilah Keturunan Habib Umar bin Hafidz Nasab dan silsilah keturunan beliau bersambung langsung kepada Rasulullah SAW, beliau adalah al-Habib ‘Umar putera dari Muhammad putera dari Salim putera dari Hafiz putera dari Abd-Allah putera dari Abi Bakr putera dari‘Aidarous putera dari al-Hussain putera dari al-Shaikh Abi Bakr putera dari Salim putera dari ‘Abd-Allah putera dari ‘Abd-al-Rahman putera dari ‘Abd-Allah putera dari al-Shaikh ‘Abd-al-Rahman al-Saqqaf putera dari Muhammad Maula al-Daweela putera dari ‘Ali putera dari ‘Alawi putera dari al-Faqih al-Muqaddam Muhammad putera dari ‘Ali putera dari Muhammad Sahib al-Mirbat putera dari ‘Ali Khali‘ Qasam putera dari ‘Alawi putera dari Muhammad putera dari ‘Alawi putera dari ‘Ubaidallah putera dari al-Imam al-Muhajir to Allah Ahmad putera dari ‘Isa putera dari Muhammad putera dari ‘Ali al-‘Uraidi putera dari Ja’far al-Sadiq putera dari Muhammad al-Baqir putera dari ‘Ali Zain al-‘Abidin putera dari Hussain sang cucu laki-laki, putera dari pasangan ‘Ali putera dari Abu Talib dan Fatimah al-Zahra puteri dari Rasul Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Habib Umar bin Hafidz Untuk kumpulan foto lengkap beliau, simak artikel kami Foto Habib Umar bin Hafidz beliau adalah pendiri dan pengasuh pondok pesantren Darul Mustafa dan berbagai sekolah pendidikan agama lainnya dibawah managemannya. dibawah asuhannya, ponpes darulmustafa menjadi salah satu tujuan berbagai umat islam dalam menuntut ilmu agama, murid muridnya berasal dari berbagai negara mulai dari asia, afrika hingga eropa termasuk indonesia. banyak sekali pelajar asal indonesia yang menuntut ilmu di darul mustafa dan sukses menjadi ulama besar dibawah bimbingan Habib Umar bin hafidz. tiap tahunnya ratusan santri berangkat ke yaman untuk belajar di darul mustafa dan sekembalinya dari sana mereka berdakwah dan membuat majelis di indonesia. beberapa contoh murid muridnya yang sukses berdakwah dan berasal dari indonesia adalah Habib Mundzir Al Musawwa yang merupakan pendiri majelis terbesar di indonesia dan diberi nama Majelis Rasulullah, lalu ada Habib Jindan bin novel bin jindan (jakarta), habib jamal baagil (malang), habib sholeh aljufri (solo) dan masih banyak lagi. baca juga : doa penutup majelis ya robbna tarofna Bahkan di Indonesia al-Habib Umar sudah beberapa kali membuat kerjasama dengan pihak bahkan pemerintah Indonesia, dalam hal ini Ditjen Kelembagaan Keagamaan Kementerian Agama Indonesia meminta pembuatan kerjasama dengan al-Habib Umar dan Dar-al Musthafa untuk pengiriman Sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya para kiai pimpinan pondok pesantren untuk mengikuti program pesantren kilat selama tiga bulan di bawah bimbingan langsung al-Habib Umar. Habib Umar sendiri dikenal sebagai pendakwah ulung yang aktif dan senantiasa menghabiskan seluruh hidupnya untuk berdakwah di jalan ALLAH SWT. Dia masih memegang peran aktif dalam dakwah agama Islam, sedemikian aktifnya sehingga dia meluangkan hampir sepanjang tahunnya mengunjungi berbagai negara di seluruh dunia demi melakukan kegiatan-kegiatan mulianya itu. indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang hampir setiap tahun selalu dikunjungi oleh Habib Umar bin hafidz. selama di indonesia beliau menghadiri berbagai acara majelis dan tabligh akbar diberbagai tempat seperti tabligh akbar di monas yang dihadiri pula oleh presiden SBY dan jajaran menteri menterinya pada waktu itu, Habib umar bin hafidz juga rutin mendatangi berbagai pondok pesantren sebagai pembicara dan tamu utamanya diantaranya di ponpes sidogiri, ponpes liboryo dan berbagai ponpes NU lainnya. kampus kampus pun tak luput dari dakwahnya, habib umar pernah datang di institut teknologi 10 november (ITS), universitas paramadina dan beberapa kampus lainnya untuk menyampaikan tausiyahnya. begitulah bagaimana gigihnya beliau dalam menyampaikan risalah islam. Habib Umar bin Hafidz Habib Umar bin Hafidz bersama para ulama Tarim Tanda tanda kebesarannya sudah ada sejak beliau masih kecil, beliau telah mampu menghafal Al-Qur'an pada usia yang sangat muda dan juga menghafal berbagai teks inti dalam fikih, hadits, Bahasa Arab dan berbagai ilmu-ilmu keagamaan lainnya. beliau memiliki banyak sekali guru dan salah satu guru pertamanya adalah ayahnya sendiri yang juga seorang soleh lagi alim. Namun secara tragis, ketika al-Habib ‘Umar yang pada waktu itu masih kecil sedang menemani ayahnya untuk sholat Jum‘ah, ayahnya diculik oleh golongan komunis dan sang ‘Umar kecil sendirian pulang ke rumahnya dengan masih membawa syal milik ayahnya, dan sejak saat itu ayahnya tidak pernah terlihat lagi. Ini menyebabkan ‘Umar muda menganggap bahwa tanggung-jawab untuk meneruskan pekerjaan yang dilakukan ayahnya dalam bidang Da‘wah sama seperti seakan-akan syal sang ayah menjadi bendera yang diberikan padanya di masa kecil sebelum ia mati syahid. cita cita dan tekat dalam dakwah pun ia pegang erat dan ia kibarkan hingga kini sehingga beliaupun dianggap sebagai salah satu ulama aswaja terbesar abad ini. Guru Guru Habib Umar bin Hafidz Dalam menempuh ilmu agama, habib umar tidak hanya mempunya satu atau dua guru saja, ia memiliki banyak guru dan menimba ilmu dari berbagai ulama di tarim, hadraumut hingga ke mekkah dan madinah. beberapa nama guru gurunya adalah Habib Muhammad bin ‘Abd-Allah al-Haddar, al-Habib Zain bin Sumait, al-Habib Ibrahim bin Aqil bin Yahya, al-Habib Muhammad al-Haddar, al-Habib Ahmed Mashur al-Haddad, al-Habib 'Attas al-Habashi serta guru besarnya al-Habib 'Abdul Qadir bin Ahmad assegaf. Kini beliau telah diakui dunia dan dianggap sebagai da'i dan ulama modern masa kini, beliau aktif di berbagai forum keagamaan tingkat internasional. Penghargaan & Kiprah Internasional Habib Umar bin Hafidz - Pada tanggal 22 Februari sampai dengan 2 Maret 2003 (26-29 Dzul Hijjah 1423 H) di Dar-al Musthafa, Tarim dia merintis upaya persatuan dalam aktifitas dakwah, dengan mengadakan multaqa ulama atau simposium yang dalam pertemuan itu dihadiri oleh berbagai ulama dari belahan dunia, dan kemudian berlanjut pada pertemuan berikutnya di berbagai penjuru dunia dalam skala lokal maupun internasional - Habib Umar termasuk sebagai salah seorang penandatangan dari dua dokumen internasional yang berpengaruh, yaitu Risalah Amman pada tahun 2005, pada urutan tandatangan nomor 549, dan A Common Word pada tahun 2007 dalam urutan tandatangan nomor 42, yang keduanya ditandatangani oleh tokoh-tokoh Muslim dunia, termasuk di antaranya beberapa pemimpin Muslim Indonesia - Di Indonesia, Habib Umar mendeklarasi berdirinya Majelis Almuwasholah Bayna Ulama Al Muslimin atau Forum Silaturrahmi Antar Ulama pada tahun 1327 H / 2007 M. - Tahun 2009, New York Times menampilkan al-Habib Umar dan Darul Musthafa dalam salah satu pemberitaannya. - Al-Habib Umar bin Hafizh termasuk salah satu dari 50 Urutan teratas dari The Muslim 500: The Wordl's 500 Most Influential Muslims, yang diterbitkan oleh Center for Muslim-Christian Understanding, Georgetown University, Amerika Serikat, yang dipimpin oleh sarjana studi Islam ternama John Esposito. Sebagai ulama yang giat dalam berdakwah, Al Habib umar juga merupakan seorang penulis yang produktif, beliau banyak menulis dan mengarang kitab kitab yang hingga kini banyak dibaca oleh seluruh umat islam di berbagai dunia. Karangan Kitab dan Karya Habib Umar bin hafidz 1. Is'af at Thalibi 2. Ridha al-Khalaq bi bayan Makarimal Akhlaq 3. Taujihat at-Thullab 4. Syarah Mandzumah Sanad al-'Ulwi 5. adz-Dzakirah al-Musyarrafah(Fiqih) 6. Dhiyaullami'bidzikri Maulid an-Nabi asy-Syafi'(Maulid Nabi Muhammad SAW) 7. Khuluquna 8. Khulasoh madad an-nabawiy(Dzikir) 9. Syarobu althohurfi dhikri siratu badril budur 10. Taujihat nabawiyah 11. Nur aliman(Aqidah) 12. Almukhtar syifa alsaqim 13. Al washatiah 14. Mamlakatul qa’ab wa al ‘adha’ 15. Muhtar Ahadits (Hadits) 16. Durul Asas (Nahu) 17. Tsaqafatul Khatib (Panduan Khutbah) Kitab Maulid adh-Dhiya' al-Lami' merupakan karya al-Habib Umar paling monumental yang berisi syair pujian terhadap Rasulullah SAW (maulid), bacaan maulid ini juga biasa dikenal dengan sebutan maulid Habib Umar dan telah dibaca banyak umat islam terasuk di indonesia. Melihat sekilas tentang kehidupan Habib Umar bin hafidz, maka akhlak dan teladan luar biasalah yang akan kita lihat. semoga beliau diberikan umur yang barokah, sehat selalu dalam berdakwah dan senantiasa diberikan limpahan rahmat oleh ALLAH SWT. amiin.

Source: http://muslimfiqih.blogspot.co.id/2016/01/profil-biografi-habib-umar-bin-hafidz.html
profil ulama besar abad ini yaitu Al Habib Umar bin Hafidz bin Syech Abu Bakar bin Salim. beliau habib Umar bin hafidz adalah ulama yang berakidahkan Ahlussunnah wal jamaah. beliau dilahirkan di tarim, hadraumut, yaman pada 4 muharram 1383 atau bertepatan dengan 27 mei 1963. beliau lahir dalam lingkunagn yang dipenuhi denganilmu, ayahnya adalah seorang dai yang selalu menegakkan dan menyebarkan agama islam, begitu pula dengan kakek beliau yang dikenal alim dan soleh, tempat tinggalnya pun di tarim, hadraumut yang dikenal dengan sebutan kota seribu wali karena banyaknya ulama besar yang lahir dan tingga di tarim. sehingga semuanya benar benar menunjang dan mengkondisikan Habib Umar bin hafidz dalam mencapai tingkat keilmuan dan derajat yang tinggi. Nasab dan Silsilah Keturunan Habib Umar bin Hafidz Nasab dan silsilah keturunan beliau bersambung langsung kepada Rasulullah SAW, beliau adalah al-Habib ‘Umar putera dari Muhammad putera dari Salim putera dari Hafiz putera dari Abd-Allah putera dari Abi Bakr putera dari‘Aidarous putera dari al-Hussain putera dari al-Shaikh Abi Bakr putera dari Salim putera dari ‘Abd-Allah putera dari ‘Abd-al-Rahman putera dari ‘Abd-Allah putera dari al-Shaikh ‘Abd-al-Rahman al-Saqqaf putera dari Muhammad Maula al-Daweela putera dari ‘Ali putera dari ‘Alawi putera dari al-Faqih al-Muqaddam Muhammad putera dari ‘Ali putera dari Muhammad Sahib al-Mirbat putera dari ‘Ali Khali‘ Qasam putera dari ‘Alawi putera dari Muhammad putera dari ‘Alawi putera dari ‘Ubaidallah putera dari al-Imam al-Muhajir to Allah Ahmad putera dari ‘Isa putera dari Muhammad putera dari ‘Ali al-‘Uraidi putera dari Ja’far al-Sadiq putera dari Muhammad al-Baqir putera dari ‘Ali Zain al-‘Abidin putera dari Hussain sang cucu laki-laki, putera dari pasangan ‘Ali putera dari Abu Talib dan Fatimah al-Zahra puteri dari Rasul Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Habib Umar bin Hafidz Untuk kumpulan foto lengkap beliau, simak artikel kami Foto Habib Umar bin Hafidz beliau adalah pendiri dan pengasuh pondok pesantren Darul Mustafa dan berbagai sekolah pendidikan agama lainnya dibawah managemannya. dibawah asuhannya, ponpes darulmustafa menjadi salah satu tujuan berbagai umat islam dalam menuntut ilmu agama, murid muridnya berasal dari berbagai negara mulai dari asia, afrika hingga eropa termasuk indonesia. banyak sekali pelajar asal indonesia yang menuntut ilmu di darul mustafa dan sukses menjadi ulama besar dibawah bimbingan Habib Umar bin hafidz. tiap tahunnya ratusan santri berangkat ke yaman untuk belajar di darul mustafa dan sekembalinya dari sana mereka berdakwah dan membuat majelis di indonesia. beberapa contoh murid muridnya yang sukses berdakwah dan berasal dari indonesia adalah Habib Mundzir Al Musawwa yang merupakan pendiri majelis terbesar di indonesia dan diberi nama Majelis Rasulullah, lalu ada Habib Jindan bin novel bin jindan (jakarta), habib jamal baagil (malang), habib sholeh aljufri (solo) dan masih banyak lagi. baca juga : doa penutup majelis ya robbna tarofna Bahkan di Indonesia al-Habib Umar sudah beberapa kali membuat kerjasama dengan pihak bahkan pemerintah Indonesia, dalam hal ini Ditjen Kelembagaan Keagamaan Kementerian Agama Indonesia meminta pembuatan kerjasama dengan al-Habib Umar dan Dar-al Musthafa untuk pengiriman Sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya para kiai pimpinan pondok pesantren untuk mengikuti program pesantren kilat selama tiga bulan di bawah bimbingan langsung al-Habib Umar. Habib Umar sendiri dikenal sebagai pendakwah ulung yang aktif dan senantiasa menghabiskan seluruh hidupnya untuk berdakwah di jalan ALLAH SWT. Dia masih memegang peran aktif dalam dakwah agama Islam, sedemikian aktifnya sehingga dia meluangkan hampir sepanjang tahunnya mengunjungi berbagai negara di seluruh dunia demi melakukan kegiatan-kegiatan mulianya itu. indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang hampir setiap tahun selalu dikunjungi oleh Habib Umar bin hafidz. selama di indonesia beliau menghadiri berbagai acara majelis dan tabligh akbar diberbagai tempat seperti tabligh akbar di monas yang dihadiri pula oleh presiden SBY dan jajaran menteri menterinya pada waktu itu, Habib umar bin hafidz juga rutin mendatangi berbagai pondok pesantren sebagai pembicara dan tamu utamanya diantaranya di ponpes sidogiri, ponpes liboryo dan berbagai ponpes NU lainnya. kampus kampus pun tak luput dari dakwahnya, habib umar pernah datang di institut teknologi 10 november (ITS), universitas paramadina dan beberapa kampus lainnya untuk menyampaikan tausiyahnya. begitulah bagaimana gigihnya beliau dalam menyampaikan risalah islam. Habib Umar bin Hafidz Habib Umar bin Hafidz bersama para ulama Tarim Tanda tanda kebesarannya sudah ada sejak beliau masih kecil, beliau telah mampu menghafal Al-Qur'an pada usia yang sangat muda dan juga menghafal berbagai teks inti dalam fikih, hadits, Bahasa Arab dan berbagai ilmu-ilmu keagamaan lainnya. beliau memiliki banyak sekali guru dan salah satu guru pertamanya adalah ayahnya sendiri yang juga seorang soleh lagi alim. Namun secara tragis, ketika al-Habib ‘Umar yang pada waktu itu masih kecil sedang menemani ayahnya untuk sholat Jum‘ah, ayahnya diculik oleh golongan komunis dan sang ‘Umar kecil sendirian pulang ke rumahnya dengan masih membawa syal milik ayahnya, dan sejak saat itu ayahnya tidak pernah terlihat lagi. Ini menyebabkan ‘Umar muda menganggap bahwa tanggung-jawab untuk meneruskan pekerjaan yang dilakukan ayahnya dalam bidang Da‘wah sama seperti seakan-akan syal sang ayah menjadi bendera yang diberikan padanya di masa kecil sebelum ia mati syahid. cita cita dan tekat dalam dakwah pun ia pegang erat dan ia kibarkan hingga kini sehingga beliaupun dianggap sebagai salah satu ulama aswaja terbesar abad ini. Guru Guru Habib Umar bin Hafidz Dalam menempuh ilmu agama, habib umar tidak hanya mempunya satu atau dua guru saja, ia memiliki banyak guru dan menimba ilmu dari berbagai ulama di tarim, hadraumut hingga ke mekkah dan madinah. beberapa nama guru gurunya adalah Habib Muhammad bin ‘Abd-Allah al-Haddar, al-Habib Zain bin Sumait, al-Habib Ibrahim bin Aqil bin Yahya, al-Habib Muhammad al-Haddar, al-Habib Ahmed Mashur al-Haddad, al-Habib 'Attas al-Habashi serta guru besarnya al-Habib 'Abdul Qadir bin Ahmad assegaf. Kini beliau telah diakui dunia dan dianggap sebagai da'i dan ulama modern masa kini, beliau aktif di berbagai forum keagamaan tingkat internasional. Penghargaan & Kiprah Internasional Habib Umar bin Hafidz - Pada tanggal 22 Februari sampai dengan 2 Maret 2003 (26-29 Dzul Hijjah 1423 H) di Dar-al Musthafa, Tarim dia merintis upaya persatuan dalam aktifitas dakwah, dengan mengadakan multaqa ulama atau simposium yang dalam pertemuan itu dihadiri oleh berbagai ulama dari belahan dunia, dan kemudian berlanjut pada pertemuan berikutnya di berbagai penjuru dunia dalam skala lokal maupun internasional - Habib Umar termasuk sebagai salah seorang penandatangan dari dua dokumen internasional yang berpengaruh, yaitu Risalah Amman pada tahun 2005, pada urutan tandatangan nomor 549, dan A Common Word pada tahun 2007 dalam urutan tandatangan nomor 42, yang keduanya ditandatangani oleh tokoh-tokoh Muslim dunia, termasuk di antaranya beberapa pemimpin Muslim Indonesia - Di Indonesia, Habib Umar mendeklarasi berdirinya Majelis Almuwasholah Bayna Ulama Al Muslimin atau Forum Silaturrahmi Antar Ulama pada tahun 1327 H / 2007 M. - Tahun 2009, New York Times menampilkan al-Habib Umar dan Darul Musthafa dalam salah satu pemberitaannya. - Al-Habib Umar bin Hafizh termasuk salah satu dari 50 Urutan teratas dari The Muslim 500: The Wordl's 500 Most Influential Muslims, yang diterbitkan oleh Center for Muslim-Christian Understanding, Georgetown University, Amerika Serikat, yang dipimpin oleh sarjana studi Islam ternama John Esposito. Sebagai ulama yang giat dalam berdakwah, Al Habib umar juga merupakan seorang penulis yang produktif, beliau banyak menulis dan mengarang kitab kitab yang hingga kini banyak dibaca oleh seluruh umat islam di berbagai dunia. Karangan Kitab dan Karya Habib Umar bin hafidz 1. Is'af at Thalibi 2. Ridha al-Khalaq bi bayan Makarimal Akhlaq 3. Taujihat at-Thullab 4. Syarah Mandzumah Sanad al-'Ulwi 5. adz-Dzakirah al-Musyarrafah(Fiqih) 6. Dhiyaullami'bidzikri Maulid an-Nabi asy-Syafi'(Maulid Nabi Muhammad SAW) 7. Khuluquna 8. Khulasoh madad an-nabawiy(Dzikir) 9. Syarobu althohurfi dhikri siratu badril budur 10. Taujihat nabawiyah 11. Nur aliman(Aqidah) 12. Almukhtar syifa alsaqim 13. Al washatiah 14. Mamlakatul qa’ab wa al ‘adha’ 15. Muhtar Ahadits (Hadits) 16. Durul Asas (Nahu) 17. Tsaqafatul Khatib (Panduan Khutbah) Kitab Maulid adh-Dhiya' al-Lami' merupakan karya al-Habib Umar paling monumental yang berisi syair pujian terhadap Rasulullah SAW (maulid), bacaan maulid ini juga biasa dikenal dengan sebutan maulid Habib Umar dan telah dibaca banyak umat islam terasuk di indonesia. Melihat sekilas tentang kehidupan Habib Umar bin hafidz, maka akhlak dan teladan luar biasalah yang akan kita lihat. semoga beliau diberikan umur yang barokah, sehat selalu dalam berdakwah dan senantiasa diberikan limpahan rahmat oleh ALLAH SWT. amiin.

Source: http://muslimfiqih.blogspot.co.id/2016/01/profil-biografi-habib-umar-bin-hafidz.html
profil ulama besar abad ini yaitu Al Habib Umar bin Hafidz bin Syech Abu Bakar bin Salim. beliau habib Umar bin hafidz adalah ulama yang berakidahkan Ahlussunnah wal jamaah. beliau dilahirkan di tarim, hadraumut, yaman pada 4 muharram 1383 atau bertepatan dengan 27 mei 1963. beliau lahir dalam lingkunagn yang dipenuhi denganilmu, ayahnya adalah seorang dai yang selalu menegakkan dan menyebarkan agama islam, begitu pula dengan kakek beliau yang dikenal alim dan soleh, tempat tinggalnya pun di tarim, hadraumut yang dikenal dengan sebutan kota seribu wali karena banyaknya ulama besar yang lahir dan tingga di tarim. sehingga semuanya benar benar menunjang dan mengkondisikan Habib Umar bin hafidz dalam mencapai tingkat keilmuan dan derajat yang tinggi. Nasab dan Silsilah Keturunan Habib Umar bin Hafidz Nasab dan silsilah keturunan beliau bersambung langsung kepada Rasulullah SAW, beliau adalah al-Habib ‘Umar putera dari Muhammad putera dari Salim putera dari Hafiz putera dari Abd-Allah putera dari Abi Bakr putera dari‘Aidarous putera dari al-Hussain putera dari al-Shaikh Abi Bakr putera dari Salim putera dari ‘Abd-Allah putera dari ‘Abd-al-Rahman putera dari ‘Abd-Allah putera dari al-Shaikh ‘Abd-al-Rahman al-Saqqaf putera dari Muhammad Maula al-Daweela putera dari ‘Ali putera dari ‘Alawi putera dari al-Faqih al-Muqaddam Muhammad putera dari ‘Ali putera dari Muhammad Sahib al-Mirbat putera dari ‘Ali Khali‘ Qasam putera dari ‘Alawi putera dari Muhammad putera dari ‘Alawi putera dari ‘Ubaidallah putera dari al-Imam al-Muhajir to Allah Ahmad putera dari ‘Isa putera dari Muhammad putera dari ‘Ali al-‘Uraidi putera dari Ja’far al-Sadiq putera dari Muhammad al-Baqir putera dari ‘Ali Zain al-‘Abidin putera dari Hussain sang cucu laki-laki, putera dari pasangan ‘Ali putera dari Abu Talib dan Fatimah al-Zahra puteri dari Rasul Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Habib Umar bin Hafidz Untuk kumpulan foto lengkap beliau, simak artikel kami Foto Habib Umar bin Hafidz beliau adalah pendiri dan pengasuh pondok pesantren Darul Mustafa dan berbagai sekolah pendidikan agama lainnya dibawah managemannya. dibawah asuhannya, ponpes darulmustafa menjadi salah satu tujuan berbagai umat islam dalam menuntut ilmu agama, murid muridnya berasal dari berbagai negara mulai dari asia, afrika hingga eropa termasuk indonesia. banyak sekali pelajar asal indonesia yang menuntut ilmu di darul mustafa dan sukses menjadi ulama besar dibawah bimbingan Habib Umar bin hafidz. tiap tahunnya ratusan santri berangkat ke yaman untuk belajar di darul mustafa dan sekembalinya dari sana mereka berdakwah dan membuat majelis di indonesia. beberapa contoh murid muridnya yang sukses berdakwah dan berasal dari indonesia adalah Habib Mundzir Al Musawwa yang merupakan pendiri majelis terbesar di indonesia dan diberi nama Majelis Rasulullah, lalu ada Habib Jindan bin novel bin jindan (jakarta), habib jamal baagil (malang), habib sholeh aljufri (solo) dan masih banyak lagi. baca juga : doa penutup majelis ya robbna tarofna Bahkan di Indonesia al-Habib Umar sudah beberapa kali membuat kerjasama dengan pihak bahkan pemerintah Indonesia, dalam hal ini Ditjen Kelembagaan Keagamaan Kementerian Agama Indonesia meminta pembuatan kerjasama dengan al-Habib Umar dan Dar-al Musthafa untuk pengiriman Sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya para kiai pimpinan pondok pesantren untuk mengikuti program pesantren kilat selama tiga bulan di bawah bimbingan langsung al-Habib Umar. Habib Umar sendiri dikenal sebagai pendakwah ulung yang aktif dan senantiasa menghabiskan seluruh hidupnya untuk berdakwah di jalan ALLAH SWT. Dia masih memegang peran aktif dalam dakwah agama Islam, sedemikian aktifnya sehingga dia meluangkan hampir sepanjang tahunnya mengunjungi berbagai negara di seluruh dunia demi melakukan kegiatan-kegiatan mulianya itu. indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang hampir setiap tahun selalu dikunjungi oleh Habib Umar bin hafidz. selama di indonesia beliau menghadiri berbagai acara majelis dan tabligh akbar diberbagai tempat seperti tabligh akbar di monas yang dihadiri pula oleh presiden SBY dan jajaran menteri menterinya pada waktu itu, Habib umar bin hafidz juga rutin mendatangi berbagai pondok pesantren sebagai pembicara dan tamu utamanya diantaranya di ponpes sidogiri, ponpes liboryo dan berbagai ponpes NU lainnya. kampus kampus pun tak luput dari dakwahnya, habib umar pernah datang di institut teknologi 10 november (ITS), universitas paramadina dan beberapa kampus lainnya untuk menyampaikan tausiyahnya. begitulah bagaimana gigihnya beliau dalam menyampaikan risalah islam. Habib Umar bin Hafidz Habib Umar bin Hafidz bersama para ulama Tarim Tanda tanda kebesarannya sudah ada sejak beliau masih kecil, beliau telah mampu menghafal Al-Qur'an pada usia yang sangat muda dan juga menghafal berbagai teks inti dalam fikih, hadits, Bahasa Arab dan berbagai ilmu-ilmu keagamaan lainnya. beliau memiliki banyak sekali guru dan salah satu guru pertamanya adalah ayahnya sendiri yang juga seorang soleh lagi alim. Namun secara tragis, ketika al-Habib ‘Umar yang pada waktu itu masih kecil sedang menemani ayahnya untuk sholat Jum‘ah, ayahnya diculik oleh golongan komunis dan sang ‘Umar kecil sendirian pulang ke rumahnya dengan masih membawa syal milik ayahnya, dan sejak saat itu ayahnya tidak pernah terlihat lagi. Ini menyebabkan ‘Umar muda menganggap bahwa tanggung-jawab untuk meneruskan pekerjaan yang dilakukan ayahnya dalam bidang Da‘wah sama seperti seakan-akan syal sang ayah menjadi bendera yang diberikan padanya di masa kecil sebelum ia mati syahid. cita cita dan tekat dalam dakwah pun ia pegang erat dan ia kibarkan hingga kini sehingga beliaupun dianggap sebagai salah satu ulama aswaja terbesar abad ini. Guru Guru Habib Umar bin Hafidz Dalam menempuh ilmu agama, habib umar tidak hanya mempunya satu atau dua guru saja, ia memiliki banyak guru dan menimba ilmu dari berbagai ulama di tarim, hadraumut hingga ke mekkah dan madinah. beberapa nama guru gurunya adalah Habib Muhammad bin ‘Abd-Allah al-Haddar, al-Habib Zain bin Sumait, al-Habib Ibrahim bin Aqil bin Yahya, al-Habib Muhammad al-Haddar, al-Habib Ahmed Mashur al-Haddad, al-Habib 'Attas al-Habashi serta guru besarnya al-Habib 'Abdul Qadir bin Ahmad assegaf. Kini beliau telah diakui dunia dan dianggap sebagai da'i dan ulama modern masa kini, beliau aktif di berbagai forum keagamaan tingkat internasional. Penghargaan & Kiprah Internasional Habib Umar bin Hafidz - Pada tanggal 22 Februari sampai dengan 2 Maret 2003 (26-29 Dzul Hijjah 1423 H) di Dar-al Musthafa, Tarim dia merintis upaya persatuan dalam aktifitas dakwah, dengan mengadakan multaqa ulama atau simposium yang dalam pertemuan itu dihadiri oleh berbagai ulama dari belahan dunia, dan kemudian berlanjut pada pertemuan berikutnya di berbagai penjuru dunia dalam skala lokal maupun internasional - Habib Umar termasuk sebagai salah seorang penandatangan dari dua dokumen internasional yang berpengaruh, yaitu Risalah Amman pada tahun 2005, pada urutan tandatangan nomor 549, dan A Common Word pada tahun 2007 dalam urutan tandatangan nomor 42, yang keduanya ditandatangani oleh tokoh-tokoh Muslim dunia, termasuk di antaranya beberapa pemimpin Muslim Indonesia - Di Indonesia, Habib Umar mendeklarasi berdirinya Majelis Almuwasholah Bayna Ulama Al Muslimin atau Forum Silaturrahmi Antar Ulama pada tahun 1327 H / 2007 M. - Tahun 2009, New York Times menampilkan al-Habib Umar dan Darul Musthafa dalam salah satu pemberitaannya. - Al-Habib Umar bin Hafizh termasuk salah satu dari 50 Urutan teratas dari The Muslim 500: The Wordl's 500 Most Influential Muslims, yang diterbitkan oleh Center for Muslim-Christian Understanding, Georgetown University, Amerika Serikat, yang dipimpin oleh sarjana studi Islam ternama John Esposito. Sebagai ulama yang giat dalam berdakwah, Al Habib umar juga merupakan seorang penulis yang produktif, beliau banyak menulis dan mengarang kitab kitab yang hingga kini banyak dibaca oleh seluruh umat islam di berbagai dunia. Karangan Kitab dan Karya Habib Umar bin hafidz 1. Is'af at Thalibi 2. Ridha al-Khalaq bi bayan Makarimal Akhlaq 3. Taujihat at-Thullab 4. Syarah Mandzumah Sanad al-'Ulwi 5. adz-Dzakirah al-Musyarrafah(Fiqih) 6. Dhiyaullami'bidzikri Maulid an-Nabi asy-Syafi'(Maulid Nabi Muhammad SAW) 7. Khuluquna 8. Khulasoh madad an-nabawiy(Dzikir) 9. Syarobu althohurfi dhikri siratu badril budur 10. Taujihat nabawiyah 11. Nur aliman(Aqidah) 12. Almukhtar syifa alsaqim 13. Al washatiah 14. Mamlakatul qa’ab wa al ‘adha’ 15. Muhtar Ahadits (Hadits) 16. Durul Asas (Nahu) 17. Tsaqafatul Khatib (Panduan Khutbah) Kitab Maulid adh-Dhiya' al-Lami' merupakan karya al-Habib Umar paling monumental yang berisi syair pujian terhadap Rasulullah SAW (maulid), bacaan maulid ini juga biasa dikenal dengan sebutan maulid Habib Umar dan telah dibaca banyak umat islam terasuk di indonesia. Melihat sekilas tentang kehidupan Habib Umar bin hafidz, maka akhlak dan teladan luar biasalah yang akan kita lihat. semoga beliau diberikan umur yang barokah, sehat selalu dalam berdakwah dan senantiasa diberikan limpahan rahmat oleh ALLAH SWT. amiin.

Source: http://muslimfiqih.blogspot.co.id/2016/01/profil-biografi-habib-umar-bin-hafidz.html

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons